Bagi sebagian besar blogger yag memonetize blognya menggunakan iklan PPC, entah itu Adsense, Kumpul Blogger, atau iklan PPC lain, pastinya ingin agar penghasilan yang didapatnya bisa meningkat. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan penghasilan. Untuk iklan PPC lokal, banyak orang yang menempatkan iklan tersebut menutupi konten blog. Sehingga, jika kita ingin membaca isi blog, kita harus melakukan klik terhadap iklan tersebut untuk menghilangkannya. Namun, jika kita melakukan hal ini pada iklan Google Adsense, maka yang kita dapat bukanlah uang. Namun, kita akan mendapatkan Surat Cinta dari Google Adsense tentang akun kita yang dibanned. Bagi sebagian besar blogger yang monetize blognya dengan iklan PPC, pengunjung adalah sumber penghasilan. Terlebih lagi jika pengunjungnya berasal dari Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing, atau Search Engine yang lain. Semakin banyak pengunjung, kemungkinan klik iklan semakin besar. Sehingga, pendapatan kita akan semakin meningkat.

Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan pengunjung. Mulai dari:

  1. Menggunakan Plugin-plugin yang membantu SEO (untuk WordPress)
  2. Blog Walking
  3. Submit Social BookmarkP
  4. enggunaan Social Network
  5. Menulis di Artikel direktori
  6. Forum Post
  7. Spamming

Dan masih banyak lagi cara yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung. Bahkan, banyak pula yang rela membeli plugin Auto Generate Content untuk menarik pengunjung dari Search Engine. Dengan menggunakan plugin AGC, maka mereka akan bisa membuat blog sampah yag isinya Auto Generate Content dari blog lain. Biasanya menggunakan API Key Bing dan Yahoo. Cukup merepotkan juga jika menemuka blog seperti ini. Apalagi kalau kontennya hanya berputar-putar. Saya sendiri pernah mencoba membuat Theme yang menggunakan trik AGC. Saya coba sendiri, dan hasilnya memang cukup menyebalkan. Pengunjung hanya berputar-putar saja.

Salah satu hal yang mempengaruhi SERP, selain kata kunci yang digunakan adalah backlink. Semakin banyak backlink blog, atau bahkan artikel blog kita, maka semakin besar kemungkinan artikel blog kita berada pada halaman utama hasil pencarian di Search Engine. Banyak cara untuk meningkatkan backlink. Dari 7 cara yang saya tulis diatas, cukup besar kemungkinan untuk menambah backlink. Bagi blogger yang monetize blognya menggunakan Google Adsense, mencari backlink untuk meningkatkan posisi SERP adalah hal yang sangat penting. Kita bisa ambil contoh pada peserta kontes SEO. Mereka yang berada pada halaman pertama hasli pencarian dengan menggunakan kata kunci yang dilombakan, pastinya memiliki backlink yang kuat agar artikelnya bisa terus bertahan dalam halam utama hasil pencarian. Sering sekali kita menemukan orang yang berkomentar pada blog kita menggunakan kata kunci dan juga link artikel yang dilombakan. Tujuannya adalah meningkatkan backlink ke artikel yang dilombakan, agar kuat dalam SERP.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin agar blognya ramai pengunjung dari Search Engine, bisa anda gunakan beberapa cara diatas. Saya sendiri, hampir menggunakan semua cara diatas, kecuali forum post. Tidak semua forum mengijinkan kita menggunakan live link. Paling kita hanya bisa memasang link pada signature atau halaman profile kita saja.

Sekian catatan dari saya. Intinya, semakin banyak pengunjung dari Search Engine, maka kemungkinan klik iklan pada blog kita akan semakin besar, sehingga pendapatan kita akan semakin meningkat. Tidak semua pengunjung blog kita adalah blogger. Jadi, kita harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan penghasilan kita.

Blogged with the Flock Browser