Bagi anda yang sering berselancar di dunia internet, pasti memiliki salah satu akun dari Twitter, Facebook (FB), atau Plurk. Atau bahkan anda memiliki semua akun tersebut. Masih banyak situs-situs Social Networking yang lain. Namun, saya hanya ingin membahas tentang tiga situs Social Bookmark ini saja. Namun, dalam pembahasan ini, saya hanya ingin bertanya kepada anda, situs Social Network manakah yang menurut anda menjadi favorit anda.

Seperti yang anda tahu, Facebook, Plurk dan Twitter merupakan situs Social Network yang cukup ramai. Anda bisa melakukan promosi blog anda pada situs-situs ini. Anda juga bisa melakukan berkomunikasi dengan teman, saudara, atau keluarga yang berada jauh dari tempat tinggal anda. Diantara tiga situs social network tersebut, yang menjadi favorit saya adalah Plurk. Alasannya, saya mendapatkan tantangan untuk mendapatkan poin atau karma. Karma ini memang tidak akan menghasilkan dollar. Namun, saya hanya akan mendapatkan emoticon-emoticon yang ada di Plurk. Setiap aktifitas yang saya lakukan, serta mendapatkan respon dari teman yang ada di Plurk, saya akan mendapatkan kenaikkan poin. Namun, jika saya tidak melakukan apapun, maka karma saya akan turun. Inilah tantangan yang membuat saya betah di Plurk.

Twitter memang bisa menghasilkan banyak dollar jika saya bisa mendapatkan banyak follower. Namun, banyak spammer-spammer yang memanfaatkan akun twitter dan melakukan following terhadap akun kita, dengan harapan kita akan melakukan follow balik. Namun hal tersebut membuat saya kurang nyaman. Sehingga, akun Twitter yang saya miliki hanya untuk berpromosi blog melalui Tweetmeme serta Plurk.

Siapa tidak mengenal Facebook. Situs Social network ini memang tengah ramai. Bahkan banyak remaja yang mengatakan jika tidak memiliki Facebook tidak keren. Namun, sekarang Facebook telah membosankan bagi saya. Tidak adanya tambahan emoticon dan juga berbagai fitur yang cukup merepotkan, membuat saya jarang mengupdate akun Facebook secara langsung. Saya menggunakan akun Facebook saya untuk mempromosikan blog saya melalui Networked Blog, serta melalui feed blog saya yang saya pasang di Facebook. Status Facebook saya sebagian besar berasal dari Plurk yang saya hubungkan ke Facebook saya.

Bagi para pengunjung, diantara 3 situs Social Networking diatas, manakah yang paling anda sukai? Mohon share pada kolom komentar.