Acara Amprokan Blogger 2010 yang diadakan oleh blogger-blogger Bekasi memang telah usai. Namun, banyak kenangan yang tidak dapat terlupakan oleh saya. Terlebih lagi, ini adalah acara pertama yang saya ikuti. Tentu saja berkesan sekali buat saya. Saya dan juga seorang blogger senior dari Banyumas menghadiri undangan Amprokan Blogger 2010 yang ada di blog TemuBlogger.com. Niatnya, saya ingin berangkat berlima. Namun, tiga orang blogger Banyumas yang lain tiba-tiba membatalkan keberangkatannya dengan berbagai alasan.

Berbagai kenangan tentang Bekasi masih membekas di hati saya. Mulai dari perjalanan menuju Bekasi untuk menghadiri acara Amprokan Blogger 2010, seluruh kegiatan yang ada di acara Amprokan Blogger 2010, pertemuan dengan blogger-blogger senior, pertemuan dengan master-master linux yang handal, ilmu-ilmu yang bermanfaat yang diberikan oleh para master blogging dan juga master linux, hingga rasa kebersamaan dan juga keramahan blogger-blogger bekasi.

Kegiatan pertama Amprokan Blogger 2010 adalah kunjungan ke Tugu Bhina Bangsa. Tugu ini memuat tentang sejarah berdirinya kota Bekasi.
06032010(003)
Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke sebuah UKM di daerah Sumur Batu, Bantar Gebang. UKM yang kami kunjungi adalah HIKPIB. Saya kagum dengan para penduduk Sumur Batu, karena mereka bisa mendirikan sebuah UKM yang cukup berpotensi di daerah yang terkenal dengan bau sampahnya. Hasil dari kunjungan ke UKM HIKPIB atau Himpunan Industri Kecil Pengrajin Boneka adalah pengetahuan tentang potensi UkM yang ada di Bekasi dan juga oleh-oleh berupa bantal berbentuk hati yang bertuliskan “Amprokan Blogger Tahun 2010”. Kata panitia, ini adalah bantal KaBel, alias Kagak Beli (lmao) .
IMG_0221
06032010(014)
Masih di daerah Bantar gebang, kami mengunjungi tempat pemanfaatan sampah yang diolah menjadi listrik. Pemanfaatan sampah yang ditutupi dengan geomembran ini dimanfaatkan untuk menangkap zat metana untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik. Jadi, ilmu yang saya dapatkan dari sini adalah pemanfaatan sampah untuk dijadikan sebagai salah satu sumber daya listrik.
IMG_0238
Setelah itu, perjalanan kami lanjutkan ke Jababeka. Tempat persinggahan kami yang pertama di Jababeka adalah President Univercity. Namun, saya tidak mengikuti secara penuh acara yang ada di President Univercity. Bersama Pak Andy MSE, setelah makan siang, kami mencari tempat untuk merokok. Namun, karena tidak boleh merokok di dalam ruangan, akhirnya kami keluar untuk merokok. Keasyikan mengobrol dengan Blogger Nasional, tidak terasa acara yang ada di sini telah usai. Oleh karena itu, saya tidak mengetahui secara persis apa yang disampaikan pada acara tersebut.

Tempat kedua adalah Klaster Botani. Di sini, kami menanam pohon yang telah disediakan oleh panitia. Berhubung pohon yang disediakan hanya 15, saya tidak kebagian menanam pohon tersebut. Selain menanam pohon, kami juga merayakan ulang tahun pohon (Lho, pohon juga ada ulang tahunnya juga toh?).
06032010(016)
Setelah selesai merayakan ulang tahun pohon, kami melanjutkan perjalanan menuju kantor walikota. Di sini, diadakan Live Blogging. Namun, acara Live Blogging ini tidak berjalan mulus. Karena, tidak semua blogger melakukan posting tentang kegiatan Amprokan Blogger 2010 hingga acara Live Blogging tersebut. Saya sendiri, bingung memikirkan materi artikel yang akan saya buat. Akhirnya, saya tidak melakukan Live Blogging. Namun, saya melakukan Live Plurking bersama beberapa blogger yang lain. Selain masalah ide artikel yang tidak muncul, salah satu faktor lain yang membuat acara Live Blogging tidak berjalan dengan lancar adalah kurangnya pasokan stop contact atau colokan listrik pada tempat Live Blogging. Sehingga, tidak semua blogger bisa melakukan charging terhadap laptop, atau notebook yang mereka bawa.

Setelah acara Live Blogging, kami melanjutkan acara selanjutnya yang diadakan di gedung walikota. Dalam acara ini, kami disuguhi dengan pengumuman pemenang Festival Band dalam rangka menyambut Ulang Tahun kota Bekasi yang ke-13. Selain itu, kami juga disuguhi dengan tarian. Selain pentas seni, blogger senior seperti Pak Enda Nasution, dan juga Bapak Walikota Bekasi, memberikan ceramah. Setelah itu, kami dihibur kembali oleh artis ibu kota.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan midnight talkshow. Acara ini tidak saya ikuti karena sibuk melakukan charging terhadap handphone dan notebook saya. Alasannya, kalau di asrama haji jelas tidak akan kebagian jatah stop contact atau colokan listrik. Saya hanya mengikuti akhir dari acara midnight talkshow.

Setelah melakukan serangkaian acara yang cukup melelahkan hingga tengah malam, akhirnya kami kembali ke asrama haji, tempat kami transit. Sesampainya di asrama haji, kami langsung berebut colokan listrik. Beruntung saya bisa mendapatkan colokan listrik di kamar panitia, bersama Pak Andy MSE.Setelah melakukan charging terhadap handphone, walaupun tidak penuh karena harus bergantian, saya akhirnya harus kalah dengan rasa kantuk yang telah melanda mata saya.

Sekiranya, catatan tentang hari pertama cukup sekian. Karena, jika saya lanjutkan, akan memakan halaman yang cukup panjang. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengunjungi:
1. http://amprokanblogger.com
2. http://temublogger.com
3. http://bloggerbekasi.com
4. http://facebook.com/temublogger
Semoga pada ulang tahun yang ke-13, kota Bekasi bisa menjadi Bekasi Bersih Partisipasi Blogger, serta meraih penghargaan Adipura kembali.