Bagi saya, seorang blogger bisa menjadi guru dan juga murid. Seorang blogger bisa saya katakan sebagai guru, saat blogger tersebut memberikan ilmu yang dimiliki olehnya melalui artikel-artikelnya, serta dicari dan dibaca oleh mereka yang membutuhkan ilmu tersebut. Secara tidak langsung, blogger memiliki profesi sebagai seorang guru. Profesi yang dijalani oleh mereka dengan ikhlas, tanpa harus meminta imbalan bayaran kepada mereka yang telah mengunjungi blognya, serta mendapatkan ilmu dari blog mereka. Keikhlasan untuk membagi ilmu yang mereka miliki, tentu saja akan membuat para pengunjung blog mereka bisa memanfaatkan ilmu yang telah mereka ajarkan. Baik ilmu tentang hal yang positif, atau ilmu tentang hal yang negatif. Bagi saya, seorang blogger non komersil yang sering memberikan ilmu yang bermanfaat dengan ikhlas, tanpa engharapkan imbalan dari pengunjung blog mereka adalah guru yang patut untuk ditiru. Sangat berbeda dengan guru yang saat ini lebih mementingkan penghasilan, daripada rasa ikhlas untuk membagi ilmu mereka kepada muridnya.

Saat kita melakukan blog walking ke blog orang lain dan mendapatkan ilmu serta informasi yang membuat kita lebih pandai, kita berstatus sebagai murid. Sebagai contoh, saat saya mengunjungi blog Pak Andy untuk belajar tentang Linux, maka status saya sebagai murid. Karena saya sendiri yang berusaha mencari ilmu tentang Linux dari blog Pak Andy. Namun saat saya menuliskan artikel tentang ilmu Linux yang telah saya dapatkan dari hasil pencarian dan praktek saya, serta dibaca dan dipraktekkan oleh orang lain yang mengunjungi blog saya, maka status saya sebagai guru. Seorang guru yang baik, pasti akan ikhlas memberikan ilmu yang dimilikinya kepada mereka yang membutuhkannya. Namun jika seorang blogger yang menutupi artikel-artikelnya dengan iklan, dengan harapan akan mendapatkan uang dari mereka yang mengunjungi blognya, mereka tidak pernah ikhlas memberikan ilmu dan informasi yang mereka miliki. Karena, tanpa melakukan klik terhadap iklan tersebut, pengunjung tidak akan pernah bisa melihat isi artikel atau ilmu yang mereka cari.

Seorang murid yang baik, pastinya akan berusaha untuk mencari ilmu-ilmu baru yang akan menambah pengetahuan mereka agar lebih pandai. Tanpa harus dipaksa untuk belajar, mereka pasti akan berusaha untuk mencari ilmu yang mereka butuhkan. Seorang blogger, paastinya juga akan berusaha untuk mencari ilmu yang mereka butuhkan untuk menambah pengetahuan yang mereka miliki. Entah ilmu tentang dunia blog, ilmu tentang Linux, atau ilmu-ilmu yang lain. Dengan melakukan blog walking, mereka tentu saja akan mendapatkan ilmu baru dan juga informasi-informasi baru yang akan membuat mereka lebih pandai. Dunia blogging adalah sebuah tempat belajar yang sangat baik, karena kita sebagai murid yang mencari ilmu yang kita butuhkan. Selain itu, kita juga sebagai guru saat kita memberikan ilmu yang kita miliki kepada mereka yang mengunjungi blog kita.

Lalu, apakah anda telah ikhlas memberikan ilmu yang anda miliki kepada pengunjung blog anda yang membutuhkan ilmu yang telah anda tuliskan dalam blog anda? Apakah anda benar-benar ingin belajar dan juga menambah ilmu dari blogger lain yang membagikan ilmu yang mereka miliki? Jika anda menjawab ya, maka anda layak saya sebut sebagai orang yang berprofesi sebagai guru, sekaligus murid yang baik. Marilah kita tunjukkan kepada guru-guru saat ini yang hanya menginginkan penghasilan lebih besar dan status tetap dengan berdemo, tanpa keikhlasan untuk membagi ilmu yang mereka miliki. Kita tunjukkan bahwa para blogger yang tidak memiliki pekerjaan sebagai guru, bisa menjadi seorang guru yang ikhlas memberikan ilmu yang dimiliki kepada mereka yang membutuhkannya.