Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan sebuah email spam yang berisi tentang Facebook password reset confirmations. Saya tahu kalau email ini bukan asli dari pihak Facebook. Namun, yang saya heran, email spam ini disertai attachment dalam bentuk archive .zip. Penerima email ini memang ditampilkan, namun bukan ke alamat email saya. Pengirim email tersebut menggunakan alamat email Password@facebook.com. Isi email yang ada seperti ini:

Dear user of facebook,

Because of the measures taken to provide safety to our clients, your password has been changed.
You can find your new password in attached document.

Thanks,
Your Facebook.

Karena penasaran, saya download file yang ada di attachment tersebut. Saya sempat kaget saat saya membuka file tersebut. Extensi file yang ada dalam archive .zip tersebut berupa .exe. File dokumen yang ada di dalam archive tersebut merupakan virus yang bisa menyerang komputer yang menggunakan OS Windows. Untungnya, notebook yang saya gunakan untuk membuka file tersebut menggunakan OS Linux, Ubuntu 9.10. Sehingga, virus yang ada dalam archive tersebut tidak mampu berkutik.

Bagi para pengguna internet yang masih awam, tentu saja hal ini akan membahayakan. Entah itu untuk komputer, laptop, atau notebook yang digunakan, atau untuk pengguna itu sendiri. Virus yang ada dalam archive tersebut bisa merusak sistem yang ada dalam komputer yang menggunakan OS windows yang mengakses file tersebut. Efek negatif bagi penggunanya sendiri adalah, akun Facebook yang dimilikinya bisa dibajak. Karena, virus ini kemungkinan adalah spyware yang bisa mengirimkan data-data tentang sebuah akun penting ke pembuat virus.

Jadi, bagi anda para pengguna internet yang masih pemula, serta anda menggunakan OS Windows, anda harus berhati-hati jika mendapatkan sebuah email yang mencurigakan. Karena, email tersebut bisa mengandung sebuah virus yang bisa merusak sistem pada komputer anda. Jika sudah terjadi, maka anda sendiri yang akan menyesal. Oleh karena itu, tetap waspada dengan email-email yang menurigakan. Bagi anda penggemar Anti Virus, anda bisa menggunakan anti virus yang paling hebat menurut anda. Karena saya bukan penggemar Anti Virus, maka saya tidak akan memberikan informasi tentang antivirus yang terbaik. Terlebih lagi, saya menggunakan Linux yang tentunya Open Source. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms for the article:

cara menyebarkan virus,cara menyebarkan virus lewat internet,cara menyebarkan virus komputer