Bagi anda yang memiliki blog di MediaQu tapi anda belum tahu cara mengaturnya, atau anda ingin membuat blog di MediaQu tapi anda masih bingung bagaimana cara mengaturnya, saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mengatur blog di MediaQu agar bisa lebih baik.
1. Dashboard
Ini juga bisa disebut dapur bagi blog anda. Anda bisa mengatur blog anda dari dalam dashboard.
2. Cara mengganti tema
Anda bisa menggati tema yang ada pada blog anda dengan tema yang kami sediakan. Caranya tidaklah sulit. Setelah anda login kedalam dashboard, maka anda akan menemukan halaman tampilan. Klik pada halaman tersebut, maka akan muncul bermacam-macam screenshot dari tema yang kami sediakan. Browse atau anda bisa langsung klik sebuah tema yang anda sukai. Setelah itu, anda bisa klik aktifkan tema. Maka secara otomatis tema anda akan ganti dengan tema baru yang anda pilih.
3. Cara mengatur permalink
Secara standar WordPress menggunakan URL web yang berisi tanda tanya dan berbagai angka di dalamnya. Tetapi WordPress menawarkan Anda kemampuan untuk membuat struktur URL tersuai untuk permalink dan arsip Anda. Ini dapat meningkatkan estetika, kegunaan, dan kompatibilitas taut-taut Anda. Cara menggantinya, anda masuk ke halaman pengaturan, pengaturan permalink. Anda bisa menggunakan pilihan permalink yang tersedia, ataupun anda bisa membuatnya sendiri seandainya anda paham tentang pembuatan permalink yang SEO ( Search Engine Optimization).
4. Cara Mengganti password
Pada Mediaqu, ada dua cara mengganti password. Pada saat pembuatan akun baru anda, anda akan diberikan password secara acak dan mungkin akan sulit untuk diingat. Caranya mudah. Pertama, anda bisa menggantinya melalui members area pada halaman utama MediaQu. Anda bisa masuk melalui link http://mediaqu.com/members/namaanda/settings/general. Kedua, melalui dashboard. anda klik nama anda pada kalimat �salam, namaanda� pada pujok kanan atas dashboard anda.
5. Cara mengedit widget
Anda bisa menambahkan berbagai macam widget yang tersedia pada blog anda. Seperti: cari, kalender, tag, rss, posting terakhir, komentar terakhir, dan masih banyak lagi yang lain. Caranya, anda masuk ke menu tampilan, widget. Amda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan anda. Juga menempatkan pada sidebar yang anda inginkan.
6. Cara mengatur plugin
Plugin digunakan untuk mengoptimalkan blog anda. Anda bisa menggunakan plugin seperti widget any html untuk memasang adsense anda, atau widget javascript dari pihak ketiga yang lain seperti statistik, jam, shoutbox, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menggunakan all in none seo pack untuk mengoptimalkan blog anda agar bisa terindex baik oleh search engine seperti yahoo!, Google dan lainnya. Cara mengatur plugin, anda masuk ke menu plugin, kemudian tandai plugin yang akan anda pilih dan pilih aktifkan plugin.
7. Cara menambah halaman
Masuk ke menu halaman, kemudian menu tambah halaman baru. Anda bisa menambahkan halaman yang anda inginkan.
8. Cara mengganti judul blog
Anda bisa mengganti judul blog anda sesuai dengan keinginan anda. Caranya anda masuk ke menu pengaturan. Anda bisa mengganti judul blog anda dari sini.
9. Cara mengedit dan menambahkan taut atau link
Anda bisa menambahkan atau membuang link dari blog anda dari sini. Untu menambahkan, masu ke menu taut, tambah taut. Kategori standar link adalah blogroll. Untuk menghapus, masuk ke menu taut, kemudian tandai link yang akan anda hapus.
10. Export atau import file dari dan ke blog lama anda
Anda bisa menggunakan menu ini jika anda ingin berpindah layanan blog gratis tapi masih ingin mempertahankan file yang ada dalam blog lama anda. Cara export adalah masuk ke menu perkakas dan pilih export. Anda akan mendapatkan file download dalam bentuk xml. Untuk import, anda masuk ke menu perkakas dan pilih menu import. Anda akan menjumpai berbagai macam pilihan darimana anda akan mengimport file atau blog lama anda.
11. Cara mengatur diskusi komentar
Cara mengatur komentar agar sesuai dengan keinginan anda, anda masuk ke menu pengaturan, diskusi. Anda bisa mengatur komentar seperti apa dan siapa saja yang bisa berkomentar pada blog anda. Anda juga bisa membuat daftar hitam bagi komentar yang anda curigai sebagai spam.
Semoga tips dari saya bisa bermanfaat bagi anda. Jika ada yang ingin menambahkan, anda bisa menambahkannya melalui komentar.