Setelah kemarin saya mencoba untuk berbagi aplikasi open source dalam dunia grafis, yaitu Inkscape, kini saya ingin berbagi aplikasi open source dalam bidang grafis lain yang cukup powerfull. Aplikasi yang bisa anda gunakan untuk manipulasi gambar ini cukup powerfull, sehingga bisa anda gunakan sebagai software pengganti Photoshop. Aplikasi ini adalah GIMP, atau GNU Image Manipulation Program. Aplikasi GIMP ini sebenarnya saya kenal di Linux yang kini saya gunakan. Namun, aplikasi ini bisa anda gunakan di windows. Sama seperti inkscape, LMMS, atau Open Office yang bisa anda gunakan secara cross platform.

Sebagai program untuk manipulasi gambar, GIMP cukup lengkap seperti halnya Photoshop. Anda bisa melakukan manipulasi gambar seperti merubah background gambar atau foto anda, menyatukan beberapa gambar menjadi satu, atau membuat animasi GIF. Aplikasi GIMP ini cukup kecil jika dibandingkan Photoshop. Jika Photoshop bisa mencapai ratusan MB, GIMP hanya sekitar 38 MB saja. Sehingga bagi anda yang ingin memiliki aplikasi ini, anda bisa mendownloadnya dengan waktu yang tidak terlalu lama. Selain itu, aplikasi ini gratis untuk anda dapatkan dan juga gunakan. Anda tidak memerlukan serial number, keygen, crack, atau patcher yang biasa anda gunakan untuk membuat aplikasi berbayar menjadi gratis.

GIMP merupakan aplikasi grafis yang open source dan juga sangat mudah untuk digunakan. Bagi saya yang masih pemula dalam dunia grafis, GIMP merupakan salah satu aplikasi grafis open source yang sangat mudah dalam pengoperasiannya. Walaupun saya menggunakan aplikasi GIMP di Linux, namun GIMP untuk windows tidaklah berbeda dengan GIMP Linux. Anda juga bisa mengeksport hasil manipulasi grafis anda menjadi PSD atau file photoshop. Sehingga anda bisa memamerkan hasil manipulasi gambar anda kepada para pengguna photoshop. Saat ini, GIMP baru mengeluarkan versi 2.6.8, namun aplikasi ini sudah menjadi aplikasi andalan bagi saya. Berbeda dengan Photoshop yang kini telah mengeluarkan versi CS3 atau bahkan lebih, tetap saja merepotkan bagi pengguna aplikasi grafis pemula seperti saya.

Selain itu, GIMP sangat ringan untuk digunakan. Resource komputer yang digunakan tidak terlalu besar, sehingga anda yang memiliki komputer, laptop, atau notebook dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Jadi, anda yang ingin belajar grafis menggunakan windows, bisa menggunakan aplikasi GIMP sebagai pengganti photoshop yang harus anda beli dengan harga mahal. Jika anda tidak memiliki uang cukup untuk membeli photoshop, apakah anda akan mencari crack, serial number, keygen, atau patcher? Jika anda menjawab ya, maka sudah saatnya anda mencoba aplikasi garfis Open Source ini yang bisa anda dapatkan dengan gratis dan juga asli. Untuk mendapatkan GIMP windows, silahkan klik disini.

Incoming search terms for the article:

gimp for windows