Bagi para pengguna internet, siapa yang tidak tahu Google. Sebuah situs yang menyediakan banyak fasilitas bagi para pengguna internet. Mulai dari search engine, adsense, pagerank, directory, maps, bahkan hingga Google Earth. Sebagian pengguna internet bahkan sangat membutuhkan layanan dari Google.
1 Bagi pemilik website atau blog, index page di Google menandakan bahwa website mereka terkenal atau tidak.
2 Pagerank, inilah yang sering diinginkan oleh para pemilik website atau blog. Semakin tinggi pagerank, semakin mudah terindex oleh Google dan semakin terkenal. Bahkan bisa menjadi acuan harga dari sebuah website atau blog.
3 Google adsense, inilah salah satu cara monetize website atau blog. Kita akan dibayar oleh Google jika kita memasang iklan dari Google. Tentunya dengan topik yang relevan. Jika tidak, maka hanya iklan layanan masyarakat dari Google yang akan ada pada website atau blog. Syarat yang dibutuhkan tidaklah sulit. Sedikit syarat yang diperlukan :
-Situs web Anda harus domain tingkat tertinggi(www.example.com, bukan
www.example.com/mysite).
– Domain harus terdaftar dan aktif selama minimal 6 bulan sebelum
mengajukan permohonan untuk AdSense.
– Anda harus memberikan informasi pribadi yang cermat dalam permohonan
yang cocok dengan informasi pada pendaftaran domain.
– Situs web Anda harus mengandung banyak isi asli.
– Situs Anda harus mematuhi kebijakan program Google AdSense
– Situs anda anda harus mengguakan bahasa internasional
– Support javascript
Tapi jika anda sudah memiliki akun Google adsense, walaupun website anda menggunakan bahasa Indonesia, asal topik pada blog anda relevan, bukan iklan layanan masyarakat dari Google yang ada pada website anda. Anda bisa menggunakan domain gratis seperti .co.cc atau .co.tv dan mendaftar di hosting gratis seperti freehostia.com.
4 Google Earth dan Google maps, inilah salah satu layanan dari Google yang membuat saya memiliki sebuah pertanyaan “Satelit apa yang digunakan oleh Google dan berapa jumlahnya?”. Karena diakses dari berbagai negara dan bisa tampil secara real time.
Mungkin saya terlalu berlebihan jika mengatakan bahwa hampir seluruh pengguna internet “Memuja dan Mendewakan” Google. Sebagai contoh, jika index page sebuah website di Google banyak, maka bisa dikatakan website tersebut terkenal. Search engine Google selalu digunakan oleh pengguna internet untuk mencari sebuah informasi. Jika pagerank naik, pemilik website akan bahagia, tapi sebaliknya jika pagerank turun, maka pemilik website akan kecewa. Dan masih banyak lagi layanan dari Google yang “dipuja” oleh pengguna internet. Jadi, siapakah Google itu? Mengapa para pengguna internet sangat “memujanya”? Adakah yang bisa menjelaskan kepada saya?