Masih ingatkah anda dengan lirik lagu berikut?
Indonesia tanah air beta
Pusaka Abadi nan jaya

Dari lagu tersebut, kata beta mengandung dua makna yang berbeda. Arti kata beta bisa saya atau aku, atau ku. Namun, bagi saya yang sering menjajal sebuah software, beta bisa saya artikan sebagai uji coba. Sehingga, saya bisa mengartikan lirik lagu nasional tersebut dengan arti saya sendiri bahwa Indonesia ternyata masih beta atau uji coba.

Dalam sebuah software yang masih beta, tentunya masih banyak masalah atau bug. Sehingga, pengguna software tersebut harus bisa melaporkan bug tersebut ke pihak provider software tersebut. Begitu pula dengan negeri yang kita cintai ini. Banyaknya kekurangan atau bug dalam pemerintahan kita, membuat masyarakat Indonesia merasa kurang puas. Ujung-ujungnya, banyak sekali demo yang terjadi. Jika demo masak atau alat-alat rumah tangga, tentunya membuat kalangan ibu-ibu menjadi bahagia. Namun, demo yang sering terjadi adalah demonstrasi karena tidak puas dengan kerja dari pemerintahan kita.

Belum lagi, seringnya pemerintah kita berganti-ganti pemimpin menunjukkan kalau negara kita masih belum stabil. Berbeda dengan negara tetangga yang menggunakan sistem pemerintahan yang berbentuk Kerajaan. Tentunya para penguasa tidak perlu saling berebut kekuasaan yang akhirnya membuat banyak orang-orang yang tidak bersalah menjadi korban. Karena, politik sangat kejam. Seseorang bisa menderita karena politik. Sebuah keluarga bisa hancur karena perbedaan keyakinan tentang politik. Oleh karena itu, kehidupan politik sangat kejam. Banyak mafia-mafia yang siap memangsa mereka yang lemah. Hukum politik seperti hukum rimba. Siapa yang kuat, dia yang berkuasa.

Sungguh ini menjadi sebuah ironi yang akan selalu mengiringi kehidupan di negeri kita yang tercinta ini. Saat kemiskinan dan juga kurangnya lapangan pekerjaan yang mengakibatkan pengangguran yang cukup besar, pemerintah kita berfoya-foya dengan memperbaiki pagar istana negara yang menelan biaya 2 miliyar lebih.

Apakah Indonesia layak disebut sebuah yang telah stabil? Jika anda menjawab ya, apa alasan anda menjawab Indonesia merupakan negara yang telah stabil? Karena, menurut pandangan saya secara pribadi, Indonesia masih Beta, atau belum stabil. Entah kapan negara kita ini bisa stabil.