Saat berkunjung ke blog lain atau blog walking, saya seringkali menggunakan klik kanan untuk beberapa hal. Terutama untuk mengunjungi sebuah tautan atau link yang ada dalam blog tersebut, tanpa harus meninggalakan atau menutup blog yang saya kunjungi pertama, karena saya masih ingin membaca artikelnya. Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan saat blog walking, menggunakan klik kanan.

  1. Mengunjungi tautan atau link tanpa harus menutup atau meninggalkan blog yang pertama. Hal ini seringkali saya lakukan saat saya membaca artikel menarik, namun juga tertarik dengan salah satu komentar yang mengundang saya untuk mengunjungi blog tersebut, tanpa harus menutup blog yang berisi artikel yang menarik tersebut.
  2. Mengunjungi link artikel lain yang ada dalam blog tersebut. Biasanya link artikel tersebut ada dalam post atau feed dari comluv.
  3. Copy Link Locations. Inilah yang sering saya lakukan saat saya menemukan sebuah artikel menarik, serta saya ingin menyebar luaskan artikel tersebut.
  4. View selections source. Saya sering penasaran dengan suatu tulisan atau gambar, sehingga saya ingin melihat source code dari tulisan atau gambar tersebut.
  5. Copy Image Locations. Ini sering saya lakukan jika menemukan sebuah gambar yang menarik, serta ingin menyebarkan gambar tersebut tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu.
  6. Save as Images. Menyimpan gambar yang menarik adala hal yang sering saya lakukan. Biasanya untuk koleksi atau menyebarkannya kembali dengan link dari blog saya.
  7. Copy text. Tidak semua artikel saya copy. Biasanya artikel yang menarik dan juga bermanfaat untuk banyak orang, akan saya copy, dan akan saya publish ulang dengan menyertakan sumber artikel tersebut. Walaupun tidak dalam artikel, namun bisa pula saya meletakkan link dari blog yang menjadi sumber artikel didalam blogroll atau sidebar blog saya. Itupun tidak pernah saya gunakan untuk hal-hal komersil. Karena saya lebih memilih membayar orang untuk menuliskan pekerjaan review atau mengerjakan sendiri walaupun acak-acakan, daripada hanya sekedar copy paste yang akhirnya akan merugikan saya sendiri.

Bahkan saya sendiri memperbolehkan orang untuk melakukan publikasi ulang artikel blog saya asalakan tidak untuk hal komersil. Hal inilah yang saya petik dari seorang blogger master, Pak Andy MSE yang memperbolehkan orang untuk melakukan publikasi ulang artikel blognya, asalakan tidak untuk kepentingan komersil. Terlebih lagi jika artikel tersebut merupakan informasi yang paling baru, menarik, atau bahkan ilmu yang tentunya akan sangat bermanfaat. Memang, hak setiap blogger untuk melindungi blognya dengan larangan klik kanan untuk menghindari copy paste. Namun, jika blog tersebut berisi tentang ilmu yang sangat bermanfaat, namun tetap saja melarang orang untuk klik kanan, mungkin akan membuat blog tersebut semakin kehilangan pengunjungnya (itu hanya pikiran saya saja). Itulah yang sering saya lakukan menggunakan klik kanan saat melakukan blog walking. Jika menemukan blog yang melarang klik kanan, maka saya akan langsung menutup tab, tanpa meninggalkan komentar. Walaupun meninggalkan komentar, saya tidak akan berkunjung ke blog tersebut lagi. Karena saya merasa kurang nyaman.