Pada artikel-artikel sebelumnya, saya pernah menuliskan tentang kelebihan LMMS yang tentunya membuat aplikasi ini sangat powerfull bagi saya. Aplikasi LMMS yang saya gunakan sebagai software audio arranger, sangat mudah digunakan oleh pemula seperti saya yang baru merambah dunia musik. Pada artikel sebelumnya, saya pernah membahas tentang SF2 sebagai salah satu instrument plugins di LMMS. Kali ini, saya hanya akan memberikan sedikit catatan tentang plugins lain dari LMMS yang tentunya cukup powerfull dan juga akan membuat audio yang anda buat di LMMS akan lebih keren lagi. Plugins kali ini adalah audio plugins LADSPA. Audio plugins yang akan membuat suara midi yang anda putar menggunakan SF2 di LMMS akan lebih keren suaranya.

LADSPA adalah audio plugins yang berbentuk efek-efek suara. Efek-efek suara yang sering digunakan oleh para musisi untuk membuat musik buatannya lebih berwarna ini secara default terinstall di LMMS yang besarnya hanya 17 MB ini. Berbagai efek suara seperti flanger, Phaser, Chorus, Aliasing, Reverb, serta masih banyak lagi audio plugins LADSPA yang ada didalam LMMS secara default. Bahkan, audioplugins ini termasuk sangat ringan untuk digunakan oleh anda sebagai efek dari audio yang anda mainkan di LMMS. Anda juga bisa menambahkan efek audio lainnya yang berbentuk VST kedalam direktori plugins ini.

Saat anda memainkan file midi di LMMS menggunakan SF2, anda bisa menambahkan audio plugins LADSPA agar midi yang anda mainkan bisa lebih realistis suaranya. Hal ini tentu saja sangat mengasyikkan, karena kita bisa menambahkan berbagai efek yang tentunya akan merubah suara midi standar agar lebih enak untuk didengarkan. Sebagai contoh, saya memiliki file midi yang ingin saya mainkan di LMMS menggunakan SF2. Pada instrumen overdriven guitar, saya ingin menambahkan beberapa efek seperti phaser, auto wah, dan juga reverb agar lebih enak suaranya. Saat saya mainkan, resource komputer saya tidak termakan terlalu besar. Berbeda saat saya menggunakan Guitar Pro atau aplikasi lain.

Cara penggunaan efek LADSPA sangat mudah. Anda tinggal memilik instrumen yang akan anda tambahkan efek. Klik pada instrumen tersebut, kemudian pilih menu fx. Anda tinggal tambahkan efek yang akan anda gunakan. Jangan lupa, centang pada keterangan Effects Chain jika anda menambahkan beberapa audio effect pada instrumen anda. Setelah itu, tutup tab instrumen tersebut. Saat anda mainkan, maka suara instrumen yang telah anda tambahkan efek audio akan berubah sesuai dengan efek yang telah anda gunakan.

Oleh karena itu, jika anda mencari audio arranger yang cukup lengkap, gratis dan juga powerfull, LMMS bisa menjadi pilihannya.

Incoming search terms for the article:

cara menambah sf2 dilmms,cara menambah vst plugin di lmms,kelebihan lmms