Sebenarnya tulisan ini ingin saya pos di estiko.info. Namun, karen blog ini engalami penurunan dan juga variasi tulisannya kurang, maka saya ingin menyelingi artikel yang ada pada blog ini dengan catatan tentang Linux.
Saat ini, Indonesia sedang digalakkan IGOS atau Indonesia Go Open Source. Banyak instansi pemerintah yang telah mengadopsi Open Source. Hal ini bertujuan untuk menekan pembajakkan yang marak di negara kita ini. Walaupun Open Source, bukan berarti aplikasi yang kita dapatkan sembarangan. Kita juga bisa mendapatkan berbagai aplikasi yang penting dan juga bisa dikatakan berbobot. Sebagai contoh, kita akan mendapatkan Open Office sebagai pengganti Microsoft Office di Windows, dengan gratis. Selain itu, bagi anda yang menyukai mengedit gambar menggunakan Photoshop, anda juga bisa menggunakan GIMP pada OS Open Source anda seperti GNU/Linux dengan gratis. Jika anda harus mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk mendapatkan beberapa aplikasi yang berbayar dan juga penting jika anda menggunaka Windows. Tapi, jika anda menggunakan Linux, maka anda bisa mendapatkan aplikasi yang penting dengan gratis. Bahkan, beberapa aplikasi seperti GIMP, Open Office, dan beberapa aplikasi yang berbayar pada windows, bisa anda dapatkan gratis di Live CD master Linux.
Berkat dukungan FOSS atau Free Open Source Software, kita bisa mendapatkan aplikasi yang penting dengan gratis, namun original atau asli. Kini, beberapa daerah telah mengadopsi Open Source. Menurut informasi yang saya dapat dari Tabloid Info Linux, daerah yang telah mengadopsi Open Source diantaranya adalah, Aceh, Pekanbaru, Gorontalo, Bengkulu. Selain itu, beberapa instansi Pemerintah yang telah mengadopsi Open Source adalah, Kementrian PAN, Ristek, POLRI, dan TNI. Jika seluruh instansi pemerintah menggunakan Open Source, maka pemerintah kita bisa melakukan penghematan anggaran negara sekitar 40% hingga 60%. Oleh karena itu, marilah kita dukung IGOS dan FOSS sehingga pembajakan software yang kini tengah marak di Indonesia, bisa ditekan sehingga generasi penerus bangsa kita ini bisa menggunakan software asli atau original, namun dengan biaya yang terjangkau atau bahkan gratis. Mari kita dukung IGOS dan FOSS. Maju terus Open Source Indonesia.