Kali ini saya ingin berbagi cara memainkan file midi menggunakan VST atau VST(i) di LMMS. Karena secara default, file midi yang anda mainkan di LMMS akan terintegrasi dengan SF2 sebagai instrument plugins default midi. Cara memainkan file midi menggunakan VST atau VST(i) sangatlah mudah. Namun sebagai catatan, jika VST atau VST(i) yang akan anda gunakan sebagai instrument plugins sangat besar, maka LMMS akan menutup secara sendirinya. Hal ini karena VST atau VST(i) yang terlalu besar, akan memakan resource yang cukup besar pula.

Cara memainkan file midi menggunakan VST atau VST(i) sangat mudah. Setelah anda import file midi yang ingin anda mainkan di LMMS, secara default akan menggunakan SF2. Klik pada bagian Instrument Plugins, drag and drop VeSTige pada instrumen yang akan anda rubah menjadi VST atau VST(i). VeSTige adalah VST-host untuk VST atau VST(i). Setelah itu, klik pada instrumen yang telah anda rubah menggunakan VeSTige. Klik pada gambar folder untuk load VST atau VST(i) yang akan anda gunakan pada instrumen tersebut. Setelah VST terload, anda juga bisa menambahkan efek melalui menu FX. Efek LADSPA bisa anda gunakan sebagai audio efek pada instrumen yang telah anda ganti dengan VeSTige.

Jika VST atau VST(i) yang anda gunakan sangat besar, proses load VST atau VST(i) tersebut akan sangat lama. Terlebih lagi jika anda menggunakan lebih dari satu VST atau VST(i) dalam audio yang anda mainkan di LMMS, maka resource komputer yang digunakan akan sangat besar. Hal ini akan membuat file audio yang anda mainkan tidak bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, jika anda menggunakan VST atau VST(i) di audio yang anda mainkan di LMMS, pilihlah VST atau VST(i) yang ringan. Jika anda tidak memiliki file VST atau VST(i), anda bisa mencarinya serta mengunduhnya dari internet secara gratis. Banyak sekali VST atau VST(i) yang bisa anda dapatkan secara gratis dan juga open source. Selain itu, VST atau VST(i) yang gratis tidak kalah bagusnya dengan VST berbayar.

Jadi, jika anda ingin memainkan file midi di LMMS menggunakan VST atau VST(i) agar lebih keren, gunakanah VST atau VST(i) yang berukuran kecil agar resource komputer yang digunakan tidak terlalu besar. Selain itu, jika VST atau VST(i) tersebut berukuran kecil, anda bisa menggunakan lebih dari satu VeSTige untuk membuat midi yang anda mainkan terasa lebih realistis.

Incoming search terms for the article:

cara memainkan lmms,Cara menambahkan Midi di LMMS,Vst host yang ringan