Mungkin bagi anda, akun blogger atau blogspot dan juga akun wordpress hanya sekedar untuk blogging saja. Namun bagi saya, kedua akun tersebut saya menfaatkan bukan hanya untuk blogging saja. Karena, saya memiliki dua blog utama, yaitu Jimbun Punya dan Next Jimbun Punya yang saya isi dengan artikel-artikel tentang keisengan saya. Sehingga, akun blogger atau blogspot dan akun wordpress menjadi blog kosong, karena tidak terurus. Oleh karena itu, saya berusaha untuk mencari cara agar dua akun tersebut tidak menjadi blog kosong yang tidak terindex oleh Google, atau search engine lain.

Berawal dari keisengan saya untuk share artikel yang ada di blog saya melalui add to any, saya memanfaatkan dua blog saya yang kosong, yaitu Jimbun Blogspot dan Catatan Estiko, untuk share link artikel blog saya yang saya submit melalui add to any. Sehingga, dua blog saya bisa selalu update, entah itu satu artikel dalam satu hari, ataupun satu artikel dalam satu minggu. Dengan ini, saya juga mendapatkan beberapa keuntungan untuk blog utama yang artikelnya saya masukkan ke dua blog pasif saya. Berikut ini beberapa keuntungan bagi blog utama saya:

1. Backlink dari blog pasif, walaupun itu mungkin bukan backlink yang bagus. Namun lumayan jika blog utama saya ini memang kekurangan backlink.
2. Artikel saya akan tersebar ke search engine melalui blog pasif tersebut. Karena, index search engine kepada blog tersebut mebuat artikel blog utama saya yang saya submit ke blog pasif ikut terindex.
3. Trafik blog akan meningkat jika blog pasif saya ramai dikunjungi para pengguna internet. Namun, karena kedua blog tersebut pasif, maka trafi yang saya harapkan tidak bisa diandalkan.

Oleh karena itu, saya tetap memanfaatkan blog pasif yang ada di blogspot dan juga wordpress untuk menyebarkan artikel blog saya. Sehingga, blog utama saya bisa mendapatka keuntungan dari dua blog pasif saya. Semoga saja, dengan cara ini bisa menaikkan posisi artikel Bekasi Bersih Partisipasi Blogger di Google.co.id. Karena, saat ini artikel blog saya yang saya ikutkan kontes SEO Bekasi Bersih Partisipasi Blogger berada di posisi yang mengkhawatirkan.