Google adsense merupakan salah satu situs layana iklan PPC yang cukup terkenal. Sudah banyak blogger komersil yang mendapatkan uang dari Google adsense. Ada yang $1 per hari, atau juga ratusan dollar per hari. Namun, yang menjadi masalah adalah, karena iklan Google Adsense relevan dengan artikel dan kata kunci, tidak semua blog berbahasa Indonesia bisa menampilkan iklan Google Adsense. Kebanyakan yang muncul adalah iklan layanan masyarakat dari Google. Selain itu, harga per klik dari iklan dalam blog berbahasa Indonesia tidak terlalu tinggi. Bahkan bisa sangat murah.

Cara memasang iklan Google adsense di blog bahasa Indonesia ternyata tidaklah sesulit yang saya bayangkan. Kita bisa menggunakan jasa dari Google Friend Connect. Cara memasang iklan Google Adsense pada blog berbahasa Indonesia sebagai berikut:

  1. Wajib memiliki akun Google Adsense.
  2. Masuk ke Google Friend Connect menggunakan akun Google anda.
  3. Jika anda belum memiliki blog yang anda daftarkan di Google Friend Connect, anda bisa memilih menu Tambahkan Situs Baru
    Google Friend Connect
    Google Friend Connect

  4. Setelah anda memiliki blog yang terdaftar pada Google Friend Connect, anda pilih menu Adsense.

    Menu Adsense
    Menu Adsense
  5. Pada menu adsense, anda bisa menghubungkan Google Friend Connect dengan Google adsense. Anda juga bisa menggunakan konfigurasi iklan yang telah anda buat pada Google Adsense. Atau anda menggunakan konfigurasi standar dari Google Friend Connect.
  6. Setelah anda memilih ukuran iklan yang akan anda pasang pada blog anda, lanjutkan anda klik pada buat kode HTML. Anda copy dan paste kode tersebut kedalam blog anda. Bisa pada sidebar blog anda, dibawah header artikel, atau disamping artikel blog anda.

    Kode HTML Adsense
    Kode HTML Adsense

Jika anda menginginkan berbagai ukuran iklan yang akan anda pasang pada blog anda, lakukan langkah diatas serta memilih ukuran iklan yang lain yang sesuai dengan keinginan anda. Ada beberapa tips dari saya yang mungkin sedikit bermanfaat bagi anda. Berikut ini tips dari saya:

  1. gunakan warna iklan yang sesuai dengan warna blog anda. Sebisa mungkin warna iklan tersebut menyatu dengan tema blog anda.
  2. Penempatan iklan yang tepat dan juga mengundang klik.

Itulah sedikit tips dari saya. Semoga saja bermanfaat. Jadi, bagi anda yang ingin mendapatkan dollar dari Google Adsense menggunakan blog berbahasa Indonsia, maka anda bisa menggunakan jasa dan juga kode iklan Google Adsense yang ada pada Google Friend Connect. Selamat mencoba.