Tulisan ini terinspirasi oleh tulisan sahabat saya, Kang Endar, yang menuliskan tentang Plurk Emoticons on WordPress. Namun dalam blog Kang Endar tersebut, masih banyak sekali emoticon-emoticon yang masih belum terpasang. Sebagai catatan, Kang Endar menambahkan emoticon-emoticon Plurk tidak menggunakan plugin tambahan. Namun dengan cara menambahkan kode-kode emoticon pada /wp-includes/functions.php. Serta upload file gambar emoticon pada folder /wp-includes/images/smilies. Namun cara ini menurut saya cukup repot. Bahkan terlalu repot karena kita harus melakukan editing terhadap file functions.php jika ingin menambahkan emoticon baru. Namun jika anda merasa cara itu memang lebih baik dari plugins, silahkan anda coba sendiri.

Namun saya yang lebih suka cara simpel, dan juga tidak terlalu riskan, saya lebih suka menggunakan plugin. Sebelumnya saya pernah menuliskan tentang Plurk Emoticon untuk WordPress. Dalam tulisan tersebut, saya menggunakan plugin smilies themer yang saya dapatkan dari sini. Serta emoticon yang saya unduh dari blog Mas Andri Nawawi. Namun emoticon yang ada dalam paket yang saya unduh dari blog Mas Andri masih terasa kurang. Oleh karena itu saya menambahkan sendiri beberapa emoticon seperti:

(kopdar)    (spammer)    (piss)    (stupid)    (banana_mesum)

Cara menambahkan emoticon-emoticon tersebut adalah dengan melakukan editing pada file package-config.php yang berada dalam folder emoticon, serta menambahkan file gambar emoticon pada folder tersebut. Folder tersebut berada di /wp-content/plugins/smilies-themer/plurk. Namun bagi anda yang tidak ingin repot melakukan editing terhadap file tersebut, bisa langsung unduh file yang telah saya sediakan disini.

Anda tinggal menambahkannya saja pada folder /wp-content/plugins/smilies-themer, dengan catatan anda telah mengaktifkan plugin smilies themer terlebih dahulu. Untuk mengganti emoticon pada smilies themer, anda tinggal masuk kedalam menu pengaturan Smilies Themer, kemudian anda pilih Plurk + for WordPress. Untuk melihat isi dari paket Plurk +, anda bisa klik pada Preview. Anda juga bisa menambahkan pludin smilies themer toolbar untuk menampilkan emoticon-emoticon yang ada pada blog anda dibawah kolom komentar dan juga sidebar dashboard penulisan (menu add new posts). Namun ini akan cukup menguras bandwidth anda atau pengunjung, karena emoticon-emoticon pada smilies themer yang anda pilih, akan tampil semua. Sebagai catatan, plugin ini tidak terlalu berpengaruh terhadap beratnya blog tersebut dimuat atau dibuka. Karena plugin ini hanya melakukan generate atau parse terhadap kode emoticon yang anda tuliskan pada kolom komentar atau pada artikel anda.

Untuk Kang Endar, maaf saya hanya menyarankan saja   (piss)    (worship) . Bagi anda yang ingin menggunakan emoticon plurk plus beberapa emoticon tambahan lain pada blog WordPress anda, silahkan anda mencoba cara saya ini. Atau anda bisa menggunakan cara yang sulit milik Kang Endar dan Addiehf disana? Semua keputusan terserah anda.

Incoming search terms for the article:

kode emoticon piss