Sebenarnya saya masih ragu untuk menggunakan browser tambahan lagi. Karena, beberapa browser tambahan tidak bisa saya gunakan untuk membuka blog saya. Sebut saja Opera Mini. Browser ini tidak mampu membuka blog saya. Entah karena masalah proxy atau DNS record yang kurang pas di Opera Mini, yang membuat blog saya tidak dapat dibuka melalui browser tersebut. Akhirnya, saya membuang browser tambahan tersebut, dan setia pada browser standar dari handphone Nokia 6120 Classic.

Kini, saya tengah melakukan uji coba terhadap Opera Mobile yang disediakan oleh Opera khusus untuk pengguna Windows Mobile dan juga Symbian. Karena Platform handphone saya adalah Symbian 9.2 atau S60 3rd edition rel 3.1, maka saya mengunduh file opera mobile 10 yang berekstensi .SIS, installer untuk Symbian. File sebesar 6,5 MB saya download menggunakan notebook lenovo S10-2 milik saya dengan kecepatan akses GPRS yang kecepatan maksimal download di tempat saya hanya 10 Kbps. Namun, untung saja saya menggunakan Ubuntu 9.10 kesayangan saya. Karena, jika saya menggunakan Windows, kecepatan maksimal untuk download hanya 5 Kbps saja. Sehingga, saya bisa mendapatkan file Opera Mobile 10 dalam waktu kurang dari 30 menit.

Setelah file selesai saya unduh, langsung saja saya transfer ke handphone nokia 6120 classic saya. Setelah itu saya install dan langsung saya uji coba untuk membuka blog Next Jimbun Punya. Ternyata Opera Mobile 10 mampu membuka blog saya tersebut. Selain itu, emoticon plurk yang biasanya tidak bergerak saat menggunakan Opera Mini, di Opera Mobile 10 bisa bergerak layaknya gerakan emoticon plurk pada browser standar. Gambar yang ditampilkan juga sempurna.

Opera Mobile 10 merupakan versi mobile dari Opera 10 yang kini tengah beredar. Kekurangan Opera Mobile 10 adalah borosnya file yang harus diload. Sehingga, bagi anda yang menggunakan pulsa berbasis Volume Based, akan cepat terkuras. Selain itu, memori yang digunakan untuk membuka Opera Mobile 10 juga cukup besar. Sehingga, bagi anda yang menggunakan sebagian besar memori telpon untuk menyimpan data-data seperti foto, file Mp3, hingga file yang lain, dipastikan handphone anda akan mengeluarkan dialog kalau memori yang digunakan telah penuh, sehingga anda harus menutup sebagian aplikasi.

Tampilan Opera Mobile 10 seperti Opera Mini 5 dengan skin berwarna hitam dan shortcut yang mirip dengan Opera Mini 5. Yang membedakan adalah, terdapat turbo yang kataya bisa mempercepat loading membuka sebuah website saat menggunakan akses internet lambat. Ini juga terdapat di Opera 10 versi komputer.

Cukup lumayan juga browser tambahan ini. Karena bisa untuk promosi Bekasi Bersih Partisipasi Blogger. Semoga saja bisa menaikkan posisi blog ini di hasil pencarian Google.co.id tentang Bekasi Bersih Partisipasi Blogger, jika berpromosi menggunakan Opera Mobile 10. Kalau tidak bisa menaikkan posisi, tidak mengapa. Lumayan untuk browser tambahan karena browser tambahan yang lain sudah dibuang.

Download Opera Mobile 10 Symbian

Incoming search terms for the article:

opera mobile 10 blog