Kata kunci ngobrol seputar bisnis online, kini sedang banyak digunakan oleh para blogger yang ingin belajar tentang SEO dengan mengikuti kontes yang diadakan oleh Mas Hengki. Berhubung saya tidak ingin ikut bersaing dalam perebutan hadiah dari kontes SEO tersebut, maka saya ingin menulis tentang ngobrol seputar bisnis offline. Memang, banyak bisnis online di internet yang bisa memberikan banyak pemasukkan asal kita bisa memanfaatkannya dengan baik dan juga teliti dalam memilihnya. Tapi, banyaknya pengguna internet yang masih baru dan ingin berbisnis lewat internet, terkadang dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menjual ebook sampah dan hasilnya adalah menipu para pengguna internet baru yang lain. Iming-iming jutaan rupiah dalam satu hari adalah sebuah hal yang sungguh menjerumuskan para pemula untuk menjadi salah satu anggota dari layanan sampah seperti ini. Karena, berbisnis di internet tidak semudah itu. Butuh waktu dan juga kerja keras untuk mendapatkan uang dengan halal melalui dunia internet. Jika anda masih pemula dan ingin mencoba untuk mencari uang tambahan dari dunia internet, maka anda bissa mencarinya di google dengan kata kunci seperti paid to survey, paid surey online, paid to review, iklan PPC, paid to click. Atau anda bisa memanfaatkan Yahoo answer untuk bertanya tentang bisnis internet yang baik dan benar, tanpa harus menipu orang lain dengan kedok menjual ebook sampah.

Kembali ke pokok masalah, yaitu ngobrol seputar bisnis offline. Banyak sekali bisnis secara offline yang bisa anda geluti. Tapi, kebanyakan bisnis offline yang akan sedikit membantu perekonomian anda adalah berdagang. Dagang apapun asalkan halal dan tidak menipu orang, pasti anda bisa sukses. Banyak cara untuk mempromosikan dagangan anda, baik secara offline ataupun online. Karena, promosi dagangan anda, akan mempengaruhi jumlah pembeli dagangan anda. Contoh promosi offline adalah, membuat spanduk atau brosur dan anda bisa menyebarnya, agar para calon pembeli bisa mengetahui lokasi dan juga apa yang akan anda jual. Bisa juga melalui mulut para pelangga yang telah mengetahui kualitas barang dagangan dan juga pelayanan dalam menjual barang dagangan anda. Contoh promosi secara online adalah memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau yang lainnya. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan blog anda untuk berpromosi, situs iklan gratis, hingga situs iklan PPC yang berbayar. Usahakan anda tidak harus membuat iklan di Adword. Selain mahal, penayangan iklan anda juga sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengunjung internet. Gunakanlah blog atau situs iklan gratis untuk menekan biaya pengeluaran untuk promosi secara online. Banyak dari para pedagang yang menggunakan jasa iklan gratis untuk berpromosi bisa sukses. Asalkan kata kunci yang anda gunakan bisa tepat mengenai sasaran. Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlelu banyak untuk berpromosi secara online.
Semoga tips ini bisa berguna bagi anda yang tengah menggeluti bisnis offline untuk memenuhi kebutuhan anda. Jika anda ingin berbisnis online, maka carilah referensi tentang bisnis online yang akan anda pilih.