Sebagai seorang bloger pemula yang belajar untuk menjadi seorang blogger komersil, saya sangat heran dengan keadaan Google Pagerank atau Google PR pada blog saya. Dalam 1 hari saja, 3 blog yang berada di bawah mediaqu.com, mendapatkan hadiah rezeki nonjok yang membuat saya cukup kecewa. Bagaimana tidak, 3 blog yang mendapatkan hadiah merupakan 3 blog utama, yaitu Jimbun Punya, Id Guitar Pro, dan MediaQu sendiri. 3 bog yang sedang saya usahakan untuk menjadi blog komersil, langsung kena hajar Google. (doh) bakalan gagal menjadi seorang blogger komersil jika seperti ini. Menurut sebuah forum yang saya ikuti, kemungkinan ini karena Google sedang menari atau Google Dance. Namun saya belum tahu apa penyebabnya. Padahal dari segi backlink, blog saya termasuk memiliki backlink yang cukup untuk mempertahankan PR.

Mau bagaimana lagi, Google PR merupakan hadiah dari Google yang diberikan kepada blog atau website karena pantas mendapatkannya. Hal ini mengingatkan sebuah komentar dari sahabat saya, Om Didiet disini. Saat ini memang banyak sekali blogger yang berusaha untuk menaikkan PR dan juga Alexa Rank dengan cara apapun. Entah itu dengan tukar link, atau dengan melakukan komentar spam pada blog dofollow yang auto approve. Saya sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak blogger yang berusaha untuk menaikkan PR namun kurang mempedulikan Alexa Rank. Mungkin inilah yang membuat blog saya ini mendapatkan hadiah PR 0 dari Google. Dari sinilah saya mulai bisa memahami, bahwa blogging bukan hanya berusaha untuk menaikkan PR, Alexa Rank, dan juga traffik.

Sebagai blogger yang masih pemula, saya kini bisa mendapatkan sebuah pelajaran yang sanat penting. Pelajaran yang bisa saya petik adalah, bagaimana menjadi seorang blogger yang non komersil, namun bisa berbagi ilmu atau informasi yang dimiliki. Namun, saya sendiri masih sulit untuk menjadi blogger non komersil, karena pendapatan dari dunia internet yang masih sedikit dan juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menjadi salah satu hal yang sulit untuk saya tinggalkan. Mungkin saya akan mulai untuk mengurangi ketergantungan terhadap pendapatan saya dari dunia internet, dan mengalihkannya ke pendapatan dari dunia nyata, dengan berusaha untuk mengais rezeki halal dari dunia open source. Semoga saja saya bisa seperti mereka, para blogger non komersil yang selalu bisa berbagi ilmu dan juga pengetahuan baru dalam bidang apapun dan juga positif.