Backup database secara berkala memang sangat penting. Terutama kita lakukan sendiri, tanpa harus selalu mengandalkan pihak hosting yang kita gunakan. Oleh karena itu, kita bisa melakukan secara mandiri menggunakan beberapa cara. Cara backup database, bisa dilakukan melalui dashboard wordpress yang kita gunakan, atau melalui cPanel hosting kita. Saya sendiri lebih suka melakukan backup database melalui cPanel.

Pada cPanel, ada beberapa menu backup database yang bisa kita gunakan. Bisa melalui backup wizard, atau melalui PHP Myadmin. Saya lebih suka menggunakan backup wizard untuk backup secara berkala database blog saya. Diantaranya adalah blog Next Jimbun Punya, MediaQu, dan blog Jimbun Punya ini. Cara menggunakan backup wizard untuk backup database sangat mudah. Berikut ini cara backup database melalui backup wizard:
1. Buka cPanel hosting anda.
2. Buka menu backup wizard yang ada di cPanel anda.
Screenshot-10

3. Setelah anda masuk pada enu backup wizard, anda bisa klik pada pilihan backup
Screenshot-11

4. Pilih menu backup MySQL Databases
Screenshot-12

5. Setelah itu, anda akan memilih database mana yang harus anda backup. Disini, anda harus mengerti dan juga hafal database blog yang akan anda backup.
Screenshot-13

Setelah itu, anda akan mengunduh file database yang berbentuk database.sql.gz. Anda bisa menyimpa file tersebut di komputer, laptop, atau notebook anda. Anda bisa menggunakannya jika blog anda kehilangan database. Cara uploadnya juga sangat mudah. Pada menu Backup Wizard, anda tinggal pilih menu restore. Setelah itu, anda bisa upload file database yang telah anda backup.

Backup database paling tidak kita lakukan satu minggu sekali atau jika blog anda termasuk aktif dalam posting, anda bisa backup secara berkala sesuai dengan keinginan anda. Backup sangat penting, karena di dunia internet, sistem keamanan blog kita akan diuji oleh para hacker. Seperti yang terjadi pada blog Next Jimbun Punya. Karena saya lupa melakukan backup secara berkala selama beberapa minggu, saat blog Next Jimbun Punya terkena hack, sehingga seluruh database hilang, saya tidak dapat melakukan restore secara manual. Sehingga saya harus menghubungi pihak hosting. Beruntung pihak hosting yang saya gunakan sanggup mengembalikan backup database terbaru yang mereka lakukan.

Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki blog menggunakan hosting sendiri, ada baiknya anda sering melakukan backup database secara berkala. Karena, blog kita senantiasa sering diintai oleh para hacker. Jika kita lengah, sehingga blog kita terkena hack, maka paling tidak kita telah memiliki database blog kita untuk kita restore. Semoga saja tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda.