Bagi sebagian besar pemilik blog berbayar, dalam arti hosting dan domain berbayar, atau hosting berbayar dan domain gratis, memiliki server yang uptime sangatlah penting. Selain itu, kecepatan akses juga sangat penting. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap pengunjung blog kita. Semakin cepat blog kita diakses, maka pengunjung akan semakin banyak. Karena ini akan memudahkan pengunjung dalam menjelajahi blog kita. Sehingga pengunjung akan semakin betah. Pengunjung blog kita tidak hanya menggunakan akses internet cepat saja. Banyak pula yang menggunakan akses internet kurang cepat atau juga menggunakan handphone. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam memilih server.

Penggunaan theme dan juga aksesoris blog, serta terlalu banyaknya banner pada blog kita, pastinya akan mempengaruhi kerja server. Apalagi jika kita menggunakan plugin yang menguras kerja server. Jujur saja, saya sendiri pernah kena tegur oleh pihak hosting yang saya gunakan, sehingga saya harus melepasnya. Sejak saya menggunakan VPS Murah dan Gratis cPanel + WHM, beberapa blog saya yang memiliki resource berat, bisa saya atasi. Bahkan, hingga saat ini, saya tidak pernah mengalami masalah. Kecepatan akses yang cukup baik dan juga server bisa dikatakan uptime 100% saat saya ping menggunakan tools dari who.is, saya sangat puas menggunakan server ini.

Berikut ini bukti bahwa server yang saya gunaka ini bisa uptime 99,9%

ping server
ping server

Dari data diatas, saya merasa cukup puas. Beberapa pertimbangan sebelum memilih server:

  1. Carilah review tentang server yang akan digunakan. Jika banyak review tidak baik, maka jangan pernah anda gunakan.
  2. Jangan hanya tertarik terhadap fitur yang ditawarkan. Tidak semua server yang menawarkan fitur menarik, bisa anda percayai.
  3. Lakukan ping terhadap salah satu blog atau website yang menggunakan server tersebut. Jika dari 10 hasil ping, paket yang loss 1, berarti server tersebut cukup baik. Namun, jika lebih dari 30% paket loss, maka jangan anda gunakan
  4. Pilihlah server yang sesuai dengan kemampuan dan juga keperluan. Misal, anda masih belajar blogging namun ingin menggunakan server dan domain berbayar, anda pilih paket shared.
  5. Jika menggunakan paket shared, pastikan bahwa pihak hosting yang akan anda gunaka terpercaya. Jika terjadi overload dari website lain, mereka mau bertanggung jawab.
  6. Bagi anda yang ingin irit, carilah coupon code dari pihak hosting yang akan anda gunakan. Biasanya hanya saat pembayaran pertama saja.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi anda. Bagi anda yang sedang mencari VPS yang handal dan murah, serta anda bisa mendapatkan beberapa fitur seperti gratis cPanel + WHM, serta diskon 25% selama anda menggunakan server tersebut, anda bisa klik disini. Jangan lupa menggunakan coupon code 25managedoff.