Bagi anda yang sering mencari uang dari iklan PPC, tentunya ingin agar iklan PPC tersebut bisa anda pasang pada sidebar blog anda. Namun, anda tentunya akan mengalami masalah jika kode tersebut menggunakan PHP. Karena, jika menggunakan Javascript, iklan yang anda pasang tidak akan muncul pada browser mobile atau handphone. Sehingga, pendapatan anda dari situs iklan tersebut tidak akan maksimal. Namun, jika anda yang belum menguasai PHP, maka anda akan ragu dan juga takut untuk mengacak-acak kode PHP pada theme anda, karena beresiko theme anda akan mengalami masalah.

Kini, anda tidak perlu khawatir lagi, karena anda bisa memasang kode PHP pada sidebar anda. Plugin WordPress kali ini adalah PHP Code Widget. Plugin yang berfungsi untuk memasang kode PHP pada sidebar anda, menggunakan widget. Plugin ini berfungsi seperti layaknya text box pada widget wordpress yang berfungsi untuk memasang kode-kode javascript, html, atau tulisan anda yang lain. Namun, yang membedakan adalah, PHP Code Widget akan membantu anda untuk memasang kode PHP pada sidebar blog anda. Hal ini akan membantu anda dalam memasang iklan PPC seperti iklan dari Admob.

Cara instalasi plugin ini cukup mudah. Bagi anda yang memiliki blog berbasis WordPress dengan hosting sendiri, anda bisa melakukan instalasi melalui dashboard wordpress anda. Caranya, buka menu plugins, add new plugins. Pada kolom cari, anda ketikkan PHP Code Widget. Setelah itu, anda bisa melakukan instalasi secara otomatis melalui dashboard anda. Setelah aktif, anda bisa menggunakan PHP Code Widget melalui menu Appearance, Widgets. Namun, sebelumnya anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu pada plugin PHP Code Widget. Pada menu widgets, anda akan menemukan widget PHP code. Widget tersebut yang akan membantu anda dalam menempatkan kode PHP pada sidebar blog anda. Jadi, anda bisa monetisasi blog anda menggunakan iklan yang menggunakan kode PHP sebagai script untuk menampilkan iklan tersebut, tanpa harus mengacak-acak kode PHP pada theme blog anda. Ini akan mengurangi resiko theme blog anda untuk rusak. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.