Bagi sebagian besar pemilik blog, pastinya ingin mempromosikan blognya agar bisa mendapatkan pengunjung. Berbagai cara dilakukan. Mulai dari blog walking, social bookmarking, social networking, forum post, submit iklan gratis, hingga promosi offline. Semuanya dilakukan agar blognya bisa mendapatkan pengunjung. Selain itu, index dan juga hasil SERP dalam search engine juga sangat berpengaruh dalam trafik. Namun, ada satu cara untuk mempromosikan blog melalui artikel blog milik kita yang lain. Bisa dengan blog post, RSS pada sidebar, atau bisa juga memanfaatkan Custom Search Engine dari Google untuk mempromosikan blog kita yang lain.

Memanfaatkan Google CSE adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung dari blog kita yang lain. Dengan memanfaatkan CSE yang telah dimodifikasi kodenya, kita bisa berpromosi blog kita yang lain melalui blog kita yang ramai. Namun dengan catatan, artikel atau kata kunci yang terindex harus saling berhubungan. Karena ini adalah generate dari hasil pencarian Google terhadap blog kita. Berikut ini cara setting Google CSE dan penempatannya:

1. Syarat pertama adalah memiliki akun Google. Anda bisa membuatnya secara gratis di Google.

2. Jika anda telah memiliki akun Google, anda kunjungi http://google.com/cse

3. Klik pada menu Create a Custom Search Engine

4. Isi nama CSE anda, deskripsi, daftar blog anda yang akan ditampilkan, centang pada persetujuan Term of Service, lalu klik Next

5. Pilih desain yang sesuai dengan keinginan anda. Namun, ini tidak harus. Karena kita hanya membutuhkan nomor ID dari CSE yang kita buat.

6. Klik Next untuk mendapatkan kode CSE

Tahap berikutnya adalah menggunakan kode berikut ini dan menempatkannya dibawah postingan blog kita. Berikut ini kode yang akan kita gunakan:

<?php
function ambiljudul($title){
$title = get_the_title(); //wp codex judul postingan
$title = trim($title);
return ($title);
}
?>

<script src=”http://www.google.com/jsapi” type=”text/javascript”></script>
<script type=”text/javascript”>
google.load(‘search’, ‘1’, {language : ‘en’});
function OnLoad() {
// Create a custom search control that uses a CSE restricted to code.google.com
var customSearchControl = new google.search.CustomSearchControl(‘Pasang No ID CSE Disini’);

// Draw the control in content div
customSearchControl.draw(‘searchresult’);

// run a query
customSearchControl.execute(‘<?php echo ambiljudul($title) ?>’);
}
google.setOnLoadCallback(OnLoad);
</script>
<div id=”searchresult”>Loading…</div>

Copy kode diatas, lalu anda letakkan pada single.php sesuai dengan keinginan anda. Misal, saya ingin menampilkan hasil dari Google CSE milik saya pada bawah artikel, maka saya letakkan dibawah kode:

<?php if (is_page() or is_single()) wp_link_pages(array(‘before’ => ‘<p><strong>Pages:</strong> ‘, ‘after’ => ‘</p>’, ‘next_or_number’ => ‘number’)); ?>

Dengan ini, maka hasl generate kode diatas akan berada tepat dibawah artikel blog saya.

Untuk Tag dan kategori pada Archive.php, anda bisa mengganti kode:

get_the_title();

dengan kode:

Kategori

single_cat_title();

Tag

single_tag_title();

Untuk penempatan terserah anda. Dengan demikian, kita bisa mempromosikan artikel blog lain kita yang berhubungan dengan artikel blog kita yang ramai. Atau kita bisa saling mempromosikan blog kita dengan cara memasang CSE dibawah artikel semua blog kita.

Bagi anda yang memiliki akun adsense, anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari Google CSE. Caranya adalah dengan memilih Make Money pada control panel CSE milik anda. Pada akun adsense, akan ada notifikasi persetujuan untuk mengaktifkan adsense pada CSE anda. Sehingga pendapatan adsense akan sedikit meningkat dengan bantuan Google CSE.

Semoga catatan ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba dan juga selamat mempromosikan blog ada.

Catatan: Google CSE pada blog juga terpengaruh oleh CSE dari browser. Jika pada browser seperti Firefox Linux Mint, maka terkadang tampilannya akan berbeda dengan CSE biasa. Selain itu, jika dipasangi adsense, terkadang adsense jarang kelihatan karena tampilannya tidak sempurna.

Incoming search terms for the article:

promosi blog di google