Bagi anda pengguna WordPress, terutama WordPress self hosting, pastinya anda mengenal plugin STT2 atau Seo Term Tag 2. Plugin yang membantu blog WordPress kita bisa lebih mudah ditemukan di Search Engine, karena generate kata kunci yang digunakan oleh pengguna search engine, dan tentu saja yang berhubungan dengan topik dari artikel blog kita. Dengan STT2, maka artikel blog kita yang mengandung term atau tag dari kata kunci yang digunakan oleh pengguna search engine, akan dengan mudah ditemukan oleh pengguna search engine. Selain itu, kita juga bisa menyimpan kata kunci yang digunakan oleh pengguna search engine yang mengunjungi artikel blog kita dengan kata kunci yang berhubungan dengan term atau tag artikel blog kita, sebagai tag pada artikel blog kita. Dengan catatan pada pengaturan STT2, kita mengaktifkan Save popular search terms as post tags. Selain itu, link search harus ke artikel atau post.

Promosi Tulisan Lama menggunakan STT2
Fitur Promosi Tulisan lama pada STT2

Salah satu fitur baru dari STT2 adalah mempromosikan artikel lama dari blog kita, yag tidak memiliki trafik dari search engine. Hal ini pastinya akan cukup membantu agar blog kita lebih ramai. Selain itu, artikel lama dari blog kita yang dipromosikan oleh STT2, akan seperti artikel baru. Tanggal terbitnya artikel tersebut sesuai dengan tanggal promosi yang dilakukan oleh STT2. Jika kita memiliki banyak artikel yang tidak memiliki trafik dari search engine, maka jika kita mengaktifkan fitur STT2 ini, blog kita akan terlihat selalu update. Padahal, artikel tersebut merupakan artikel lama.

Tulisan lama yang telah dipromosikan
Daftar tulisan lama yang telah dipromosikan

Dengan menggunakan STT2, maka blog kita memiliki 2 keuntungan.

  1. Pengunjung dari search engine, dari term atau tag artikel blog kita, yang berkaitan dengan kata kunci yang digunakan pengguna search engine
  2. Promosi tulisan lama pada blog kita agar bisa terindex kembali ileh search engine, serta bisa mendapatkan pengunjung dari search engine

Plugin STT2 memang sangat membantu blog kita. Namun, jika server yang kita gunakan tidak kuat, maka akan mengakibatkan akun hosting kita suspend. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam menggunakan plugin ini. Semoga catatan ini bisa bermanfaat bagi anda.