Beberapa hari yang lalu, saya sempat mendapatkan keluhan dari sahabat saya, Amri MF, tentang layanan hosting Indonesia yang dia pakai. Sebenarnya, hosting yang saya pakai, masih memiliki lebih dari 20 akun cPanel, karena saya memilih Reseller Hosting untuk kebutuhan pribadi. Namun karena sahabat saya tersebut memiliki pasaran untuk kalangan musisi Indonesia saja, maka dia memilih sebuah hosting IIX yang menurut dia menarik. Berbagai layanan yang ditawarkan sungguh membuat saya heran. Unlimited addons domain dengan harga hosting yang sangat murah. Terlebih lagi, hosting IIX terkenal lebih mahal daripada hosting luar negeri. Namun apa yang terjadi? Hanya dalam waktu beberapa hari saja, akun hosting IIX sahabat saya tersebut terkena suspend 2 kali.

Yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal saat saya mendengar cerita dari Amri MF, akunnya disuspend hanya karena 2 plugin yang tentu saja tidak memakan resource komputer. Plugin tersebut adalah All In One Seopack dan WP-Threaded Comment. (doh) Apa hubungannya dua plugin tersebut dengan resource komputer yang katanya bisa load hingga 70%? Mendengar cerita tersebut, saya tertawa karena ternyata pemilik hosting tersebut hanyalah seorang pengguna forum, sehingga tidak mengerti tentang blogging (lmao) (rofl) . Bahkan, pemilik hosting tersebut yang katanya orang Jogja, sempat mempersilahkan Amri untuk menjelek-jelekkan webhosting tersebut di forum-forum. Nah lho, mengapa hanya diforum-forum saja? Pertanyaan inilah yang kadang membuat saya tertawa saat bertemu dengan Amri. Bahkan, Amri mengatakan bahwa hosting tersebut sangat Poorfesional, bukan Profesional.

Seorang penyedia layanan web hosting, paling tidak harus mengerti tentang blogging dan juga website, sebelum dia membuka layanan webhosting. Jika tidak mengerti tentang blogging, maka kasus seperti yang dialami oleh Amri MF, mungkin akan terulang terus. Terlebih lagi, saat ini dunia blogging tengah berkembang dengan pesat. Banyak pemula yang mulai menggunakan hosting berbayar untuk menempatkan blognya. Atau mungkin saja pihak reseller hosting yang ditumpangi tersebut merupakan pihak hosting yang selalu bermasalah dengan keuangan. Sehingga akibat dari telatnya pembayaran untuk akun reseller, akan berpengaruh terhadap akun-akun shared hosting yang ada dibawah naungannya. Ini tentu saja akan sangat merepotkan, jika blog yang kita miliki, sering mendapatkan pengunjung ribuan orang per hari. Mungkin akun kita akan langsung dihapus oleh admin reseller hosting yang sangat Poorfesional tersebut.

Oleh karena itu, jika memang kita ingin mencari hosting yang benar-benar bisa dipercaya, tips paling mudah untuk mendapatkan hosting yang terpercaya dan juga Profesional adalah dengan mencari review tentang hosting tersebut. Jangan pernah kita tertipu dengan fitur-fitur layanan berlebihan yang mereka tawarkan. Pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan anda. Dengan cara ini, pasti anda akan bisa mendapatkan layanan hosting yang Profesional, bukan Poorfesional.