Sebagai pemula, saya pernah melakukan kesalahan dalam optimasi blog Jimbun Punya. Mulai dari menggunakan theme blog yang berat dan berlebihan, memasang banner secara berlebih *walaupun kini masih ada sisa-sisanya*, memasang statistik blog yang cukup berat, menggunakan plugin yang membuat eror pada saat berkomentar, dan masih banyak lagi kesalahan yang membuat blog ini sempat terliha keren, tapi berat dan juga memiliki banyak kesalahan. Tapi, mulai dari hal inilah akhirnya saya tahu bahwa pengunjung blog saya tidak hanya menggunakan browser pada komputer dengan kecepatan akses internet yang cepat. Tapi juga ada yang menggunakan browser hp dan juga menggunakan browser komputer dengan kecepatan akses internet lambat. Akhirnya saya mengerti bahwa sebuah blog yang bagus, tidak hanya pada tampilannya saja. Tapi, yang paling penting adalah isi blog itu sendiri. Beberapa tips yang bisa diambil dari pengalaman saya adalah
1. Gunakanlah theme blog yang ringan di akses oleh browser apapun dan kecepatan internet lambat sekalipun.
2. Jika menggunakan jasa pihak ketiga untuk mempercantik blog, pilihlah fitur yang ringan untuk di akses. Juga dapat diakses dari browser apapun.
3. Jangan memasang banner secara berlebih. Karena akan membuat loading semakin lama, terutama jika diakses menggunakan kecepatan akses internet yang lambat.

Semoga tips ini bisa berguna bagi anda. Bagi anda yang ingin menambahkan, silahkan anda tambahkan pada komentar.