Sebenarnya, tulisan ini hanyalah catatan iseng saja. Semua ini karena saya yang masih awam dalam mengoptimasi blog untuk kepentingan kontes SEO. Walaupun beberapa artikel blog ini bisa berada di halaman pertama dalam pencarian di Google, namun semua itu bukan karena saya mengoptimasinya dengan maksimal. Bahkan, artikel-artikel tersebut saya tulis apa adanya. Tanpa harus melakukan tembak keyword, seperti yang dilakukan banyak blogger.

Kali ini, kontes SEO yang tengah saya ikuti adalah Live Blogging Contest yang menggunakan kata kunci Bekasi Bersih Partisipasi Blogger. Lagi-lagi, saya yang masih awam dalam hal mengoptimasi blog untuk kepentingan kontes SEO harus terseok-seok menghadapi para blogger yang telah berpengalaman dalam hal kontes SEO. Memang, kontes ini hanya boleh diikuti oleh peserta Amprokan Blogger 2010 yang diadakan di Bekasi. Selain itu, tidak hanya kontes SEO semata. Artikel yang bisa masuk 20 besar dalam hasil pencarian kata kunci Bekasi Bersih Partisipasi Blogger di Google.co.id, harus direview terlebih dahulu oleh panitia.

Beberapa hari, saya sempat merasa aman karena bisa berada di halaman kedua dari hasil pencarian kata kunci Bekasi Bersih Partisipasi Blogger. Namun, kini saya harus merasakan ganasnya persaingan kontes SEO dari para blogger senior. Posisi artikel blog yang saya ikut lombakan akhirnya harus melorot jauh. Terpental dari 20 besar hasil pencarian kata kunci Bekasi Bersih Partisipasi Blogger. Bagi saya yang masih pemula, tentu saja hal seperti ini membuat saya sedikit kurang bersemangat.

Saya sendiri, lebih suka menulis artikel apa adanya, tanpa harus melakukan tembak keyword. Seringnya menggunakan kata kunci yang berulang dalam berbagai arikel saya, terkadang bisa membuat blog saya berada di halaman pertama dari hasil pencarian suatu kata kunci. Selain itu, kata kunci yang saya gunakan seringnya sesuai dengan apa yang ada di pikiran saya. Tidak harus melihat kata kunci apa yang paling hangat saat ini. Inilah yang membuat saya selalu kalah dari blogger-blogger yang jago optimasi kata kunci untuk urusan kontes. Walaupun kata kunci yang mereka gunakan, juga tengah dioptimasi oleh blogger-blogger lain, namun artikel mereka bisa berada di urutan teratas dari hasil pencarian sebuah kata kunci kontes SEO.

Hufff…. mungkin saya memang bukanlah blogger yang harus bisa terjun ke dunia kontes SEO. Karena, saya lebih suka menulis tentang sesuatu yang ada di otak dan juga hati saya, tanpa harus terikat dengan kata kunci tertentu. Bagi anda yang bisa masuk 20 besar dari hasil pencarian kata kunci Bekasi Bersih Partisipasi Blogger, saya ucapkan selamat atas keberhasilan anda. Semoga artikel anda bisa terpilih sebagai pemenang dari Live Blogging Contest tersebut. (worship)