Beberapa bulan yang lalu, saya sempat menemukan beberapa buah blog yang cukup menyesatkan. Kali ini, bukan menyesatkan karena ilmu yang mereka ajarkan, namun karena mereka menggunakan auto content yang diambil dari kata kunci atau keyword yang kita cari di search engine seperti Google. Saat ingin membaca artikel yang saya cari, ternyata saya hanya dibuat berputar-putar saja didalam blog tersebut, tanpa menemukan apa yang saya cari. Tentu saja ini sangat merepotkan bagi saya. Dulu, saya tidak memperhatikan permalink yang ada di blog tersebut, sehingga saya terjebak dalam blog yang sebenarnya tidak ada isinya.

Setelah saya memahami permalink dari blog tersebut, akhirnya saya kini bisa menghindari blog-blog sampah seperti itu. Blog yang isinya hanya generate dari kata kunci yang kita cari, serta mengambil artikel dari blog-blog yang mengandung kata kunci tersebut. Kelihatannya, blog tersebut memiliki artikel yang sangat banyak. Namun dalam kenyataannya, kita tidak akan pernah mendapatkan apa yang kita cari dari blog tersebut. Beberapa blog yang menggunakan fitur auto content yang dulu sempat membuat saya merasa risih adalah:

blogger.kebumen.info
ads.masbuchin.com

Pemilik kedua blog ini adalah satu orang yang sama. yang diinginkan adalah bisa memperoleh uang dari adsense yang mereka pasang di blog auto content mereka, tanpa mempedulikan pengguna internet lain yang masih pemula. Tentu saja, bagi para pemula yang belum mengetahui susunan permalink yang biasanya seperti ini:

namadomain/tags/nama+artikel+yang+kita+cari

Bisa tersesat dan hanya berputar-putar saja di blog tersebut tanpa menemukan apa yang dicari.

Saya kira, blog seperti ini kini semakin sepi. Namun ternyata pikiran saya salah. Saat ini blog seperti ini semakin banyak. Bahkan bisa dikatakan, search engine seperti google kini telah tercemar dengan sampah-sampah yang terindex dari blog-blog auto content seperti ini. Sehingga, saat kita sedang membutuhkan sesuatu dan mencarinya melalui search engine seperti Google, terkadang blog-blog seperti ini sering menjebak kita karena berada diurutan teratas hasil pencarian kata kunci yang kita inginkan. Menurut saya secara pribadi, blog-blog sampah seperti ini sangat menyusahkan, bahkan lebih baik blog seperti ini seharusnya tidak pernah ada. Karena hanya menyesatkan bagi mereka yang tidak mengetahui susunan permalink dari blog sampah tersebut. Namun berbeda dengan pemilik blog tersebut. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak uang yang mereka dapatkan.

Bagi para pengguna internet yang masih pemula, perhatikanlah susunan permalink dari sebuah hasil pencarian kata kunci di search engine, sebelum anda melakukan klik terhadap blog tersebut. Jangan sampai anda tersesat di blog sampah yang tidak ada isinya, serta hanya membuang waktu dan juga bandwidth anda saja. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms for the article:

blog sampah