Pada catatan sebelumnya, saya menuliskan tentang cara transfer akun cPanel melalui WHM. Namun, cara pada catatan tersebut menggunakan menu copy account from another server with account password. Saat saya mempromosikan di Facebook, ada seorang teman yang bertanya, apakah bisa transfer akun full WHM? Lalu saya jawab, bisa. Berikut ini cara transfer akun full antar WHM. Atau menggunakan menu Copy multiple account from another server:

1. Buka WHM server baru anda. Setelah login dengan akun WHM anda, pilih menu Transfer, Copy Multiple account from another server. Maka akan membuka jendela atau tab baru.

Menu Transfer Account pada WHM
Menu Transfer Account pada WHM

2. Masukkan ip address dari WHM server lama anda. Port default biasanya 22. Tes koneksi SSH. Jika gagal, tanyakan kepada penyedia layanan hosting anda tentang port SSH dari IP Address anda.

Copy Multiple=
Copy Multiple Account from another server
Remote server login detail
Remote server login detail

3. Jika anda sebagai user, tanyakan root password kepada penyedia layanan hosting lama anda, karena pada transfer ini membutuhkan root password. Jika anda sebagai root, dalam arti anda menggunakan VPS dengan cPanel dan WHM, anda bisa menggunakan root password VPS anda. Setelah selesai, Fetch Account List. Maka akan muncul paket-paket yang ada pada WHM lama anda, serta akun-akun cPanel yang ada pada WHM anda.

4. Centang paket-paket yang akan anda copy, serta akun-akun cPanel yang akan anda pindahkan. Setelah itu, click Copy.

Akan muncul notifikasi agar anda menunggu hingga selesai transfer. Anda juga dilarang untuk menekan back, karena akan membuat transfer tersebut gagal. Setelah selesai, anda bisa review terlebih dahulu akun yang telah anda transfer tersebut, sebelum anda menutup tab atau jendela transfer akun.

Proses transfer akun antar WHM tidak membutuhkan waktu yang lama. Sehingga, anda bisa menunggu hingga waktu transfer selesai. Proses ini biasanya dipengaruhi oleh banyaknya akun serta besarnya file yang harus ditransfer. Cukup mudah dan juga cukup irit biaya internet. Transfer ini khusus untuk pengguna hosting dengan paket Reseller, VPS dengan cPanel dan WHM, serta dedicated server dengan cPanel dan WHM. Jika anda tidak bisa mendapatkan root password dari pihak penyedia hosting lama anda, saya sarankan anda untuk meminta bantuan dari penyedia hosting untuk memindahkan akun-akun yang ada pada WHM lama anda.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba.