Bagi yang sering berpindah-pindah hosting, pastinya sering sekali melakukan backup database dan juga home directory dari akun hosting anda. Tentunya cukup repot jika memiliki banyak addon domain, serta database yang besar. Sejak saya menggunakan VPS yang memiliki cPanel dan WHM, saya lebih suka transfer langsung melalui WHM. Beberapa keuntungan menggunakan WHM untuk transfer akun adalah:

  1. Tidak terlalu repot harus download dan upload file-file yang ada pada hosting lama, serta database. Terlebih lagi jika memiliki banyak file yang cukup besar, dan juga database yang besar pula. Maka akan sangat merepotkan jika harus upload dan download satu per satu.
  2. Tidak membutuhkan waktu lama untuk memindah seluruh file dan juga database yang ada.
  3. Tidak membutuhkan bandwidth yang besar, karena semua berlangsung melalui SSH. Bagi yang menggunakan akses internet yang dibatasi oleh quota, maka tidak terlalu khawatir. Karena semua berlangsung secara cepat dan juga tidak memakan banyak quota akses internet

Berikut ini cara saya transfer akun dari shared hosting yang saya gunakan ke VPS yang kini saya gunakan melalui WHM:

1. Buka WHM server anda (ini bagi anda yang menggunakan jasa hosting dengan paket WHM atau reseller. Bagi yang shared, coba hubungi pihak hosting untuk memindahkan akun anda dari hosting lama). Biasanya saya menggunakan URL http://namadomain.com/whm, atau http://namadomain.com:2086

2. Setelah masuk kedalam akun WHM anda, pilih menu Transfers. Pada menu transfers, akan ada pilihan:

  • Copy an account from another server
  • Copy an account from another server with account password
  • Copy multiple accounts/packages from another server (menu ini bagi anda yang ingin memindah banyak akun dari WHM server lama anda)
  • Review copied account
    Menu Transfer Account pada WHM
    Menu Transfer Account pada WHM

3. Jika anda dari shared hosting ke reseller hosting, maka anda pilih menu copy account from another server atau copy account from another server with account password. Namun saya sarankan menggunakan copy account from another server with account password. Karena kita hanya diminta untuk memasukkan username dan password cPanel kita saja

Copy Account From another server with account password
Copy Account From another server with account password

4. Masukkan IP address server anda, username dan password cPanel anda. Setelah itu, klik Copy Account. Tunggu hingga proses transfer selesai. Sebagai catatan, anda harus menyediakan paket quota yang sesuai dengan paket hosting pertama anda. Hal ini untuk menghindari kegagalan transfer.

Setelah proses selesai, anda bisa mengganti password cPanel untuk domain yang telah anda transfer melalui menu List Account. Namun, jika tidak ingin, maka anda bisa menggunakan password lama untuk login kedalam cPanel anda. Cukup mudah bukan? Waktu yang dibutuhkan untuk transfer seperti ini tidak sampai berjam-jam. Saya sendiri membutuhkan waktu tidak sampai 30 menit untuk transfer beberapa akun dari VPS 1 saya ke VPS 2, dengan quota hardisk sekitar 8GB.

Jadi, bagi anda yang menggunakan reseller hosting, VPS dengan cPanel dan WHM, atau dedicated server dengan cPanel dan WHM, maka anda bisa menggunakan fitur transfer account ini. Mudah, cepat, dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Bagi anda yang ingin mencoba, silahkan dicoba cara dari saya. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms for the article:

jangka waktu pindah cpanel ke whm