Sering sekali saya menemukan situs-situs yang isinya menawarkan tip dan trik untuk cepat kaya. Bahkan, mereka berani memberikan mimpi dengan iming-iming jutaan rupiah per bulan tanpa melakukan apapun, tanpa memiliki skill apapun. Situs-situs seperti ini tentu saja membuat para pengguna internet yang masih pemula dan juga ingin mendapatkan uang dengan mudah tanpa harus bekerja keras. Pemanfaatan peluang yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini, sudah banyak memakan korban. Terlebih lagi, salah satu sisi negatif dari masyarakat Indonesia adalah budaya hidup konsumtif yang diadopsi sejak jaman penjajahan Belanda. Rasa enggan untuk bekerja keras, namun ingin cepat kaya, masih tetap ada didalam kehidupan masyarakat Indonesia. Inilah yang dijadikan ladang uang oleh para penipu yang mengatakan bahwa mendapatkan uang dari dunia internet itu mudah.

Jujur saja, walaupun saya belum mendapatkan penghasilan yang tetap dari dunia internet, namun saya bisa mengatakan bahwa mendapatkan uang dari dunia internet tidaklah mudah. Semua butuh kerja keras. Jika kita mengikuti anjuran dari para penipu tersebut, ujung-ujungnya adalah dosa dan juga kita ikut menjadi penipu. Selain itu, ilmu dari para penipu tersebut bisa dikatakan sangat ketinggalan jaman. Saat ini bukanlah lagi jaman email marketing yang berujung pada spamming. Namun saat ini, jamannya blogging. Banyak ilmu dan juga uang yang bisa didapatkan dari blogging. Dengan blogging, kita tidak akan pernah merasa kurang update ilmu, karena blogger pasti lebih sensitif dalam mendapatkan informasi-informasi terbaru. Jika kita harus melakukan spamming melalui email, maka nama kita akan buruk.

Terlebih lagi jika kita menggunakan sales letter yang terlalu berlebihan, dengan menggunakan website statis yang hanya didominasi warna biru, putih, merah dan hitam yang mengandalkan testimonial palsu dan juga scan dari tabungan palsu. Kita itu satu bangsa, mengapa harus saling menipu seperti itu? Bisnis MLM yang gempar pada awalnya, berujung pahit pada akhirnya. Selain itu, jika kita tidak menipu, kita tidak akan mendapatkan uang. Lalu, apakah uang yang kita dapatkan dari menipu itu halal? Tentu saja haram dan juga tidak akan berkah selamanya.

Cara mudah untuk cepat kaya adalah dengan bekerja keras, mengebangkan potensi yang kita miliki, serta tidak pantang menyerah. Jika hanya mengandalkan menipu dan juga bermimpi menjadi kaya, tidak akan terwujud untuk selamanya. Koruptor yang kini duduk manis di pemerintahan sana, juga bekerja keras untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat agar bisa duduk manis di kursi panas. Oleh karena itu, saya hanya memberikan sedikit tips untuk anda yang masih pemula, naun ingin cepat kaya dari dunia internet. Berikut ini sedikit tips yang mungkin sedikit bermanfaat buat anda:

1. Jika anda adalah seorang blogger, anda bisa memanfaatkan blog anda untuk mencari uang dengan memasang iklan PPC, jual link blog anda, atau dari PTR (Paid to review)

2. Jika anda bukanlah blogger, anda bisa mendapatkan uang dari situs-situs seperti microworker.com, atau jika waktu anda banyak serta tidak pantang menyerah, anda bisa bermain PTC atau dibayar untuk klik iklan.
3. Atau jika anda seorang pengusaha, anda bisa memanfaatkan dunia internet untuk mempromosikan usaha anda. Bisa melalui situs iklan gratis, situs iklan berbayar, atau yang kini paling sering dilakukan oleh banyak pengusaha adalah embayar blogger untuk review usaha atau produk dari usaha anda.

Dari cara diatas, jika anda tidak pantang menyerah, selalu berani utnuk berusaha, serta bisa memanfaatkan potensi yang ada didalam diri anda, pasti anda akan bisa mencapai kesuksesan. Sudah banyak blogger yang mendapatkan uang ratusan, bahkan ribuan dollar per bulan dari dunia internet. Namun mereka mendapatkan semua itu dengan bekerja keras, bukan hanya bermimpi saja.